PROFIL KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH KINEMATIKA GERAK LURUS PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 2 SEMARANG
Keywords:
ketrampilan memecahkan masalah, kinematika gerak lurusAbstract
Keterampilan memecahkan masalah adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa jauh siswa terampil dalam menyelesaikan masalah fisika pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2019-2020 sebanyak 64 siswa. Data penelitian diambil melalui tes tertulis berupa soal hitungan fisika pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Hasil analisa keterampilan memecahkan masalah menggunakan model Poyla terbagi dalam 4 tahap. Pada tahap 1, yaitu mengenali masalah, dengan hasil 53,48% (kategori kurang). Pada tahap 2, yaitu merencanakan strategi memperoleh hasil 52,65% (kategori kurang). Pada tahap 3, yaitu menerapkan strategi memperoleh hasil 51,44% (kategori kurang). Pada tahap 4, yaitu mengevaluasi solusi memperoleh hasil 51,60% termasuk dalam kategori kurang. Hasil akhir diperoleh dengan menghitung rerata dari ke 4 tahap tersebut, dan diperoleh hasil sebesar 52,29% (kategori kurang). Maka, dapat disimpulkan bahwa keterampilan memecahkan masalah fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2019-2020 termasuk dalam kategori kurang.