Let Them Teach: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIPADU PEER TUTORING MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS VLOG TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 PALU

Authors

  • Riswan Universitas Tadulako. Jalan Soekarno Hatta, Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Unggul Wahyono Universitas Tadulako. Jalan Soekarno Hatta, Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia

Keywords:

jigsaw, peer tutoring, VLOG, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu peer tutoring menggunakan media berbasis VLOG terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent control group design. Sampel dari penelitian ini diambil dari 2 kelas XI MIA SMA Negeri 1 Palu. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu peer tutoring menggunakan media berbasis VLOG dan kelas kontrol menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu peer tutoring tanpa media VLOG. Tes hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 76,59 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 61,49. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh dan pada taraf nyata . Ini berarti bahwa nilai berada diluar daerah penerimaan . Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu peer tutoring menggunakan media berbasis VLOG terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 1 Palu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Riswan, & Unggul Wahyono. (2024). Let Them Teach: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIPADU PEER TUTORING MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS VLOG TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 PALU. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 81–89. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/173

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.