PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI GLBB PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 MALUKU TENGAH

Authors

  • Agustinus Tahapary Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Sapulete Sapulete Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia

Keywords:

Model CLIS, Penguasaan Materi, GLBB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi peserta didik melalui model pembelajaran Chilldren Learning In Science (CLIS) yang diajarkan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Maluku Tengah pada materi gerak luru berubah beraturan (GLBB). Tipe penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif menggunakan one group pretest-posttes dengan sampel kelas VIII1 sebanyak 18 peserta didik yang diambil secara acak (random). Instrument penelitian berupa tes dan non tes, instrument tes berupa tes awal dan tes akhir sedangkan instrument non tes berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tes awal, 100% peserta didik berada pada kualifikasi gagal, dengan rerata skor pencapain 30,10. Hasil analisis selama prores pembelajaran berlangsung menggunakan model pembelajaran CLIS menunjukan bahwa rerata skor pencapaian peserta didik adalah 86,59 berada pada kualifikasi sangat baik. Rerata skor pencapaian tes akhir peserta didik mencapai 77,24 berada pada kualifikasi baik. Untuk hasil uji N-Gain diperoleh rerata skor peserta didik 0,7 berada pada kualifikasi tinggi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan penguasaan materi GLBB.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-21

How to Cite

Tahapary, A., & Sapulete, S. (2024). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI GLBB PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 MALUKU TENGAH. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 197–209. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/15

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.