ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA PENDAHULUAN FISIKA INTI DENGAN BLENDED LEARNING
Keywords:
Kesulitan Belajar, Blended Learning, Pendahuluan Fisika IntiAbstract
Penggunaan Blended Learning pada mata kuliah Pendahuluan Fisika Inti sudah dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui kesulitan belajar mahasiswa dalam berinteraksi, memahami materi, berkonsentrasi, mengerjakan tugas/ujian, serta berkolaborasi. Manfaat penelitiannya untuk mencarikan alternatif untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar pada mahasiswa. Metode penelitiannya deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif yang menampilkan grafik, distribusi frekuensi, dan tabel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan 29 butir pernyataan positif dan 5 skala pilihan/jawaban yang disebarkan secara online melalui WhatsApp yang berbentuk google form. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya berjumlah 42 responden. Terdapat lima indikator kesulitan belajar, yang paling tinggi kesuliatan dialami mahasiswa dalam berkonsentrasi dengan indeks persen paling kecil 67,38% dan kesulitan belajar paling rendah dalam berkolaborasi karena indeks persenya paling tinggi 81,75%.