KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF

Authors

  • Evelina Astra Patriot UIN Raden Fatah Palembang, Jl. Prof. K.H. Zainal Abidin Fikri KM 3.5 Palembang

Keywords:

pembelajaran konseptual interaktif, pendekatan multirepresentasi, kemampuan multirepresentasi, usaha dan energi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran capaian kemampuan multipresentasi siswa pada materi usaha dan energi melalui penerapan pembelajaran konseptual interaktif dengan pendekatan multirepresentasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-postest. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas X MIA 1 di salah satu SMA Negeri Sumedang. Penelitian ini menggunakan perangkat instrumen tes multirepresentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pencapaian kemampuan multirepresentasi yang optimal. Sedangkan persentase terbesar capaian keterampilan komunikasi ilmiah (KKI) berdasarkan hasil tes uraian sebesar 100% yaitu mentranslasi representasi gambar menjadi representasi diagram batang energi. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan pembelajaran konseptual interaktif dengan pendekatan multirepresentasi dapat mengoptimalkan kemampuan multirepresentasi siswa pada materi usaha dan energi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Evelina Astra Patriot. (2024). KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 152–158. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/65

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.