ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA MELALUI PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY

Authors

  • Wahyu Aji Pratama Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universits Lambung Mangkurat
  • Sri Hartini Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universits Lambung Mangkurat
  • Misbah Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universits Lambung Mangkurat

Keywords:

e-learning, schoology, literasi digital.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi digital peserta didik yang sangat kurang, sedangkan peserta didik memiliki fasilitas penunjang literasi digital namun tidak digunakan dalam menunjang literasi digital. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan menganalisis kemampuan literasi digital melaui penerapan e-learning berbasis schoology. Penelitian ini merupakan analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 6 Banjarmasin berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan melalui angket literasi digital. Hasil penelitian menunjukkan literasi digital diperoleh skor 43,93 berkategori kurang. Disimpulkan bahwa penerapan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum dapat melatihkan literasi digital namun keterlatihan literasi digital masih belum optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Wahyu Aji Pratama, Sri Hartini, & Misbah. (2024). ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA MELALUI PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9–13. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/34

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.