META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Authors

  • Frima Triani Universitas Negeri Padang,

Keywords:

fisika, hasil belajar, meta analisis, STEM

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh penerapan STEM terhadap hasil belajar fisika peserta didik ditentukan melalui Effect Size (ES). Data diperoleh dari 20 jurnal tentang pengaruh penerapan STEM terhadap hasil belajar fisika peserta didik. ajian didasarkan pada dua kategori yaitu tingkat kelas dan materi pelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh. Pertama, pengaruh penerapan STEM terhadap hasil belajar fisika peserta didik memberikan pengaruh yang berarti pada kelas XI SMA dimana rata-rata ukuran efeknya 2,05 dengan kategori sangat tinggi. Kedua, hasil meta analisis pengaruh penerapan STEM berdasarkan materi ditemukan bahwa pada fluida dinamis, fluida statis, dan usaha dan energi serta gelombang bunyi pengaruh penerapan STEM memberikan efek tinggi terhadap hasil belajar dan pada materi hukum Newton tentang gerak pengaruh penerapan STEM memberikan sedang terhadap hasil belajar siswa SMA. Jadi dapat disimpulkan bahwa ukuran efek pengaruh penerapan STEM terhadap hasil belajar ditinjau dari materi yang digunakan memberikan efek yang berbeda-beda.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Frima Triani, Universitas Negeri Padang,

Magister Pendidikan Fisika

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Triani, F. (2024). META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 99–107. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/283

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.