PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN EKSPERIMEN BERPIKIR DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Taufiq Universitas Sriwijaya
  • Sudirman Universitas Sriwijaya
  • Kistiono Universitas Sriwijaya
  • Ning Ayu Oktaviani Universitas Sriwijaya

Keywords:

Instrumen, eksperimen berpikir, validitas, reliabilitas, model pengembangan 4D

Abstract

Telah dikembangkan instrument pengukuran eksperimen berpikir dalam memecahkan masalah fisika di jenjang Sekolah Menengah Atas. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan instrumen pengukuran eksperimen berpikir dalam memecahkan masalah fisika di jenjang Sekolah Menengah Atas yang Valid dan Reliabel. Produk Instrumen ini di ujicobakan di sekolah menengah atas pada kabupaten Ogan Ilir, Musi Banyuasin dan Kota Palembang yang dipilih secara acak. Jumlah subjek penelitiannya 45 siswa dari SMA yang terpilih. Jenis pengembangan ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Pada tahap define dilakukan 4 langkah diantaranya analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis materi, dan perumusan tujuan. Kemudian pada tahap design dilakukan 2 langkah diantaranya adalah mengkontruksi tes beracuan kriteria dan desain awal. Pada tahap ketiga yakni development dilakukan penilaian ahli dan uji pengembangan. Selanjutnya yang terakhir adalah tahap disseminate yaitu penyebaran dilakukan 2 langkah diantaranya pengujian validitas dan pengemasan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan soal dari ahli berdasarkan saran, komentar dan perbaikan termasuk dalam kategori Valid, untuk validitas secara empiris sebesar 3,81 termasuk kategori valid. Hasil reliabilitasnya adalah sebesar 0,767 termasuk dalam kategori tinggi. Pada tahap selanjutnya dilakukan kembali uji reliabilitas dengan sampel yang samaa dari sebelumnya. Hasilnya adalah bahwa reliabilitasnya sebesar 0,739 juga termasuk dalam kategori tinggi

Author Biographies

Taufiq, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Fisika

Sudirman, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Fisika

Kistiono, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Fisika

Ning Ayu Oktaviani, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Fisika

References

Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi.2015.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Bademci, S & Sari, M. (2014). Thought Experiment in Solving Physics Problems: A Study into Candidate Physics Teachers. International Journal of Sscience Education, 39 (2014) No 175 203-215 http://search.proquest.com/

Budinigsih, Asri.2012.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Brown, J. R. (1991). Thought experiments: A Platonic account. Thought experiments in science and philosophy. Maryland: Rowman & Littlefield Publishers, Inc. Gendler, T. (1998). Galileo and the indispensability of scientific thought experiment. British Journal for the Philosophy of Science, 49, 397-424.

Giancoli, Douglas C. 2001. Fisika. Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga Gilbert, J. K. & Reiner, M. (2000). Thought experiments in science education: Potential and current realization. International Journal of Science Education, 22(3), 265- 283

Halliday dan Resnick, 2010, Fisika Jilid I (Terjemahan), Jakarta: Penerbit Erlangga.

Keil, C., Haney, J., & Zoffel, J. 2009. Improvementsin student Achievement and Science Process Skills Using Environmental Health Science Problem Based Learning Curricula. Electronic Journal of Science Education, 13(1). ejse.southwestern.edu

Reiner, M., Haifa, T. & Gilbert, J. (2000). Epistemological resources for thought experimentation in science learning. International Journal of Sscience Education, 22(5), 489-506.

Reiner, M., Haifa, T. & Gilbert, J.K. (2004). The symbiotic roles of empirical experimentation and thougt experimentation in the learning of physics. International Journal of Science Education, 26(15), 1819- 1834.

Serway, Raymond, dan John W. Jewett, Jr, 2009, FISIKA Untuk Sains dan Teknik Buku 1 Edisi 6 (Terjemahan). Jakarta: Salemba Teknika.

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono,2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Taufiq, Zulherman, Amelia T. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Secara Eksperimen dalam Memecahkan Masalah Fisika Calon Guru Fisika FKIP Universitas Sriwijaya. Journal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri.

Taufiq. 2017. Eksperimen Berpikir (Thought Experiments);Beberapa Kasus dalam Hukum Newton. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Sriwijaya

Downloads

Published

2025-08-12