PENGARUH MEDIA GAME QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
Keywords:
learning outcomes, science learning, quizzes gameAbstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan menguji pengaruh Game Quizizz terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang. Penelitian menggunakan preeksperiment one group pretest-posttest design. Populasipenelitian adalah 92 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Banguntapan, sampel yaitu siswa kelas delapan B kelompok 1 (VIII B1). Berdasarkan penelitian didapatkan hasil uji paired sample t test dengan rata-rata peningkatan hasil pretest dan posttest sebesar 37,67, nilai rerata pretest siswa sebesar 35,67 dan nilai tersebut mengalami peningkatan pada postest, menjadi sebesar 73,33. Sedangkan rata – rata nilai N-gain skor sebesar 0,59, dimana berdasarkan kategori penilaian N gain skor nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang. Pengukuran sikap, pendapat, dan persepsi peserta didik terhadap media Game Quizizz menggunakan skala likert didapatkan respon siswa dengan persentase jawaban sangat tertarik sebesar 71%, persentase jawaban siswa tertarik sebesar 27%, dan persentase jawaban siswa tidak tertarik sebesar 2%. Respon siswa yang menjawab
sangat tertarik mendapatkan nilai persentase paling tinggi, hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Game Quizizz berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang.