PENILAIAN INSTRUMEN EFEKTIFITAS VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI FLUIDA

Authors

  • Dira Novisya Program Studi Magister Pendidikan Fiska FMIPA, Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat
  • Desnita Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA, Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat

Keywords:

Instrumen, CTL, Penilaian, Fluida

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menilai kualitas instrumen yang digunakan untuk mengukur keefektifan video pembelajaran berbasis CTL pada materi fluida. Jenis penelitian research and development menggunakan model ADDIE. Instrumen yang dinilai terdiri atas instrumen keterampilan berpikir kritis, instrumen keterampilan berpikir kreatif, instrumen keterampilan kolaborasi, instrumen keterampilan komunikasi lisan dan instrumen keterampilan komunikasi tulisan. Untuk menilai instrumen menggunakan lembar penilaian instrumen. Instrumen dinilai oleh dua validator. Kategori kevalidan menggunakan rumus Aiken’s V. Dari teknik analisis data yang telah dilakukan, diperoleh bahwa instrumen berada dalam kategori valid dengan nilai rata-rata untuk instrumen efektifitas keterampilan berpikir kritis sebesar 0,89, instrumen efektifitas keterampilan berpikir kreatif 0,85, instrumen efektifitas keterampilan kolaborasi 0,94, instrumen efektifitas keterampilan komunikasi lisan 0,97 dan instrumen efektifitas keterampilan komunikasi tulisan 0,89. Jadi instrumen dapat digunakan untuk menilai keefektifan video.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Dira Novisya, & Desnita. (2024). PENILAIAN INSTRUMEN EFEKTIFITAS VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI FLUIDA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 129–139. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/207