PROFIL TINGKAT KEAKURATAN PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Ulfa Fuji Syafitri Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Saeful Karim Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ridwan Efendi Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Penilaian Diri, Tingkat Keakuratan Penilaian Diri, Kategori Tingkat Keakuratan Penilain Diri

Abstract

Penilaian diri penting untuk literasi ilmiah. Hal ini bersesuaian dengan proses pembelajaran fisika yang memerlukan literasi ilmiah, karena dalam proses pembelajarannya diperlukan metode ilmiah dan sikap ilmiah untuk memecahkan masalah- masalah yang dihadapi. Meskipun penilaian diri penting, peserta didik masih mengalami kesulitan menilai pekerjaan mereka sendiri dengan akurat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tingkat keakuratan penilaian diri peserta didik SMA pada pembelajaran Fisika dengan metode deskriptif eksploratif . Untuk mendapatkan nilai tingkat keakuratan penilaian diri peserta didik dilakukan melalui tes kemampuan kognitif berbentuk uraian yang setiap nomor soal terdapat bagian peserta didik menilai kinerja mereka sendiri. Sampel pada penelitian ini 28 peserta didik kelas XI MIPA di salah satu SMA di Kota Bandung. Tingkat keakuratan penilaian diri peserta didik didapatkan dari selisih nilai yang diberikan oleh peserta didik dengan nilai yang diberikan oleh guru. Hasil pengolahan data secara statistik deskriptif menunjukkan bahwa tingkat keakuratan penilaian diri peserta didik rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh rendahnya kinerja akademik peserta didik sehingga tidak tahu mana yang benar dan salah dari suatu konsep yang mengakibatkan peserta didik tidak dapat menilai dirinya sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Ulfa Fuji Syafitri, Saeful Karim, & Ridwan Efendi. (2024). PROFIL TINGKAT KEAKURATAN PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 105–110. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/201

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.