“GenDerAng” SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA PEREMPUAN

Authors

  • Acep Musliman SMA Avicenna Cinere

Keywords:

Generate, Derivate, Accomplishing, Minat, Pemahaman Konsep

Abstract

Dilakukan penelitian terhadap pengembangan model pembelajaran fisika pada aktivitas belajar siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), untuk meningkatkan minat belajar kelompok siswa perempuan pada pelajaran fisika yang mengalami kesenjangan pada pelajaran ini. Penelitian dilaksanakan di SMA Avicenna Cinere, melalui implementasi “GenDerAng” sebagai model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa perempuan pada pelajaran fisika, tahapan-tahapannya, yaitu: Generate membangkitkan minat dan motivasi belajar melalui pemberian informasi lengkap tentang manfaat fisika dalam kehidupan nyata serta tokoh-tokoh sukses kaum perempuan dalam bidang fisika, Derivate adalah proses pembelajaran yang lebih mengedepankan contoh-contoh aktivitas sehari-hari kaum perempuan dikaitkan dengan konsep fisika, dan Accomplishing adalah bentuk evaluasi dan refleksi untuk melihat hasil dan menjadi umpan balik sehingga proses perbaikan untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran fisika dapat dicapai. Penelitian menggunakan metode observasi dengan mamanfaatkan statistic descriptive.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Musliman, A. (2024). “GenDerAng” SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA PEREMPUAN. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(2), 82–89. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/76

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.