STUDI KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON

Authors

  • Mustika Wati Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Saiyidah Mahtari Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Ramlah Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Misbah Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

Deskripsi, Hukum Newton, Multirepresentasi, Deskripsi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis kemampuan representasi siswa SMP di Banjarmasin terhadap soal-soal Hukum Newton dengan memberikan tes tertulis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei, yaitu One-shot Design. Tes dilakukan kepada 102 siswa SMP yang sudah belajar materi Hukum Newton dengan representasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih mudah memahami soal dalam representasi verbal daripada representasi matematis, gambar dan tabel. Pembelajaran dengan menggunakan multirepresentasi perlu dilakukan untuk menunjang hasil belajar fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Mustika Wati, Saiyidah Mahtari, Ramlah, & Misbah. (2024). STUDI KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 1–6. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/142

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.