PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK MAHASISWA CALON GURU FISIKA

Authors

  • Murniati Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya Palembang
  • Sardianto M.S Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya Palembang
  • Muhammad Muslim Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya Palembang

Keywords:

bahan ajar, berbasis praktikum, calon guru fisika.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan pada mata kuliah Kajian fisika sekolah yang banyak menjelaskan konsep secara real dengan melakukan kegiatan praktikum. Perkuliahan selama ini belum memiliki bahan ajar yang lengkap berupa penjelasan alat, teori pendukung dan petunjuk praktikum secara terstruktur dan rinci untuk mendukung terlaksananya perkuliahan secara efektif. Tujuan mengembangkan bahan ajar berbasis praktikum sebagai upaya meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Bahan ajar berbasis praktikum yang divalidasi oleh dua orang validator dan diujicobakan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika sebanyak 26 mahasiswa dengan dua kali ujicoba yaitu one- to- one sebanyak 6 orang dan small group sebanyak 20 orang dalam rentang waktu yang berbeda. Hasil penilaian validator terhadap bahan ajar dengan skor 4,43 dengan kategori sangat valid, hasil ujicoba one- to- one dan small group dengan skor 4,4 dengan kategori sangat praktis. Disimpulkan pengembangan bahan ajar berbasis praktikum sudah valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Murniati, Sardianto M.S, & Muhammad Muslim. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK MAHASISWA CALON GURU FISIKA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 143–151. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/75

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.