DESAIN BAHAN AJAR FISIKA DALAM JARINGAN (DARING) BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SMA

Authors

  • Winny Liliawati Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Taufik Ramlan Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Judhistira Aria Utama Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Annida Melia Z Program Studi Pendidikan Fisika, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Keywords:

bahan ajar, dalam jaringan, karakter, pemanasan global.

Abstract

Perkembangan teknologi, digital, dan adanya internet membuat bahan ajar semakin canggih, menarik, dan materi menjadi mudah dipahami. Namun perkembangan teknologi ini diiringi dengan penurunan karakter peserta didik. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar daring yang berorientasi pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar fisika dalam jaringan (daring) materi pemanasan global berorientasi pendidikan karakter untuk peserta didik sekolah menengah atas. Artikel ini menyajikan desain dan hasil validasi bahan ajar daring yang berorientasi pendidikan karakter. Metode penelitian menggunakan design based research. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian bahan ajar dalam jaringan yang berorientasi pendidikan karakter untuk aspek konten, media, dan pendidikan karakter. Aspek karakter yang dinilai ada lima yaitu religius, gemar membaca, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, dan kejujuran. Penilai berjumlah lima orang ahli untuk menilai konten materi dan pendidikan karakter, dan tujuh orang ahli untuk menilai media. Uji validasi menggunakan persamaan Content Validity Rasio (CVR) dengan skala 0-1 dan dikategorikan. Hasil yang diperoleh, skor CVR untuk aspek konten 0,86 kategori sangat sesuai, aspek media dan pendidikan karakter 0,69 kategori sangat sesuai. Kesimpulannya bahwa bahan ajar daring berorientasi pendidikan karakter sangat sesuai dalam menerapkan pendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-10

How to Cite

Winny Liliawati, Taufik Ramlan, Judhistira Aria Utama, & Annida Melia Z. (2019). DESAIN BAHAN AJAR FISIKA DALAM JARINGAN (DARING) BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 113–121. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/47

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.