EFEKTIVITAS BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS SCIENTIFIC MATERI TERMODINAMIKA

Authors

  • Tri Ariani Dosen Program Studi Pendidikan Fisika STKIP PGRI Lubuklinggau

Keywords:

Efektivitas, Bahan Ajar Termodinamika, Pendekatan Scientific.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah menggunakan bahan ajar Fisika berbasis scientific materi termodinamika dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan scientific materi termodinamika siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan subjek penelitian ini terdiri dari 27 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Model Lubuklinggau. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket, tes, dan observasi. Persentase keseluruhan komponen bahan ajar adalah 84,81% (sangat baik). Persentase respon siswa terhadap bahan ajar berbasis scientific yaitu 82,55% (sangat baik). Selain itu dari hasil tes ulangan harian memiliki persentase keefektifan 88,89% (sangat baik) siswa yang memperoleh nilai di atas 70 dari 10 butir soal tes. Nilai thitung > ttabel dengan nilai thitung = 6,86 dan ttabel = 1,706. Hasil presentase rata-rata siswa dalam ranah afektif sebesar 89,35% (sangat baik) dan hasil presentase rata-rata siswa dalam ranah
psikomotor sebesar 91,67% (sangat baik). Persentase respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan scientific yaitu 94,4% (sangat baik). Sehingga penggunaan bahan ajar berbasis scientific dapat dikatakan valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Tri Ariani. (2024). EFEKTIVITAS BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS SCIENTIFIC MATERI TERMODINAMIKA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 45–55. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/40