ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI PADA PEMBELAJARAN FISIKA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Sinta Sonia Universitas Bengkulu

Keywords:

covid-19, hasil belajar, indikator, kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran fisika selama masa pandemi covid-19 dan mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran fisika selama masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan suatu metode penelitian yang menggambarkan karakteristik populasi atau fenomena yang sedang diteliti. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert lima yang ditujukan kepada siswa kelas XI MIPA 1 & XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA 1 & XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Tebing Tinggi pada dimensi motivasi intrinsik bersumber dari indikator aktivitas belajar yang tinggi 61% berada pada kriteria cukup baik. Pada dimensi motivasi ekstrinsik bersumber dari indikator adanya informasi dari guru 59% cenderung baik sekali. Adapun hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa 76,3% siswa memiliki keterampilan berpikir kritis dalam kategori sangat tinggi, 20,3% siswa memiliki keterampilan berpikir kritis dalam kategori tinggi, dan 3,4% siswa memiliki keterampilan berpikir kritis dalam kategori sedang. Tidak ada siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis pada kategori rendah dan sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sinta Sonia, Universitas Bengkulu

Pendidikan Fisika

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Sonia, S. (2024). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI PADA PEMBELAJARAN FISIKA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 85–99. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/279

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.