EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CENTRIFUGE MANUAL SEDERHANA SEBAGAI ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Pisi Ismarliana Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu
  • Alfauzan Amin Dosen Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu
  • Wiji Aziiz Hari Mukti Dosen Tadris Ilmu Pendidikan Alam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu

Keywords:

Alat Peraga, Centrifuge, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan centrifuge manual sederhana sebagai alat laboratorium dan alat peraga dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa SMPN 14 Kota Bengkulu. Metode penelitian termasuk kedalam Quasi Eksperimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data post-test terhadap kelas eksperimen dan kontrol menggunakan dengan perhitungan uji t menggunakan rumus Independent Sample t test hasil diketahui nilai signifikansi (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan Hi diterima. Maka rata-rata hasil belajar IPA post-test siswa kelas eksperimen yang menggunakan Centrifuge manual sederhana sebagai alat peraga lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol tanpa menggunakan alat peraga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan centrifuge manual sederhana sebagai alat laboratorium dan sebagai alat peraga dalam pembelajaran IPA yang digunakan efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Pisi Ismarliana, Alfauzan Amin, & Wiji Aziiz Hari Mukti. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CENTRIFUGE MANUAL SEDERHANA SEBAGAI ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 109–123. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/271

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.