PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 POKOK BAHASAN INTERFERENSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

Authors

  • Andre Suwasono Universitas Jember

Keywords:

Macromedia Flash, ADDIE, Media Pembelajaran, minat

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash 8 Pokok Bahasan Interferensi pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa pendidikan fisika dan bagaimana respon mahasiswa terkait pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pokok bahasan interferensi pada mahasiswa pendidikan fisika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development ,R&D) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan softaware macromedia flash 8. Uji coba produk yang berupa media pembelajaran dilakukan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember yaitu pada mahasiswa yang menempuh mata kuliah Fisika Dasar 3 pada tahun ajaran 2020 – 2021. Untuk mengetahui respon mahasiswa fisika terhadap media pembelajaran uji coba dilakukan dan untuk mengetahui respon tersebut maka digunakan kusioner berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data respon mahasiswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memiliki nilai presentase sebesar 81,64 % dalam kategori baik. Hasil tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran mempunyai respon positif pada saat digunakan oleh mahasiswa fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Andre Suwasono, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Suwasono, A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 POKOK BAHASAN INTERFERENSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(2), 184–198. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/270

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.