PENGUJIAN INSTRUMEN ROTATIONAL DYNAMICS CONCEPTUAL SURVEY DALAM MENGKAJI PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA SMK PADA KONSEP DINAMIKA ROTASI

Authors

  • Anifatul Mardiyah Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun
  • Tantri Mayasari Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun
  • Farida Huriawati Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun

Keywords:

instrumen, pengujian, RDCS

Abstract

Tujuan pelaksanan penelitian ini untuk menguji kelayakan instrumen Rotational Dynamic Conceptual Survey melalui kegiatan penguji cobaan terhadap siswa. Instrumen Rotational Dynamic Conceptual Survey merupakan instrumen tes diagnostik berbentuk four-tier yang telah dikembangkan oleh peneliti untuk mengkaji perubahan konseptual siswa pada konsep dinamika rotasi. Metode penalitian ini adalah kuantitatif. Analisis hasil data penelitian menggunakan Microsoft Excel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Hasil penguji cobaan instrumen terhadap validitas dan reabilitas, tingkat daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal menunjukkan bahwa instrumen ini layak untuk digunakan. Uji validitas menghasilkan nilai rhitung > rtabel (0.632). Uji reabilitas menghasilkan r11sebesar 0.954 sehingga tergolong kategori sangat tinggi. Uji daya pembeda menunjukkan persentase 31% soal berkriteria sangat baik, 38% baik, dan 31% cukup. Uji tingkat kesukaran soal menunjukkan 75% soal berkategori sedang dan 25% soal berkategori mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Anifatul Mardiyah, Tantri Mayasari, & Farida Huriawati. (2024). PENGUJIAN INSTRUMEN ROTATIONAL DYNAMICS CONCEPTUAL SURVEY DALAM MENGKAJI PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA SMK PADA KONSEP DINAMIKA ROTASI. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 173–182. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/197

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.