PENGEMBANGAN PERANGKAT PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA

Authors

  • Anggun Ulil Izzati Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Muhammad Arifuddin Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Suyidno Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Misbah Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia

Keywords:

Keterampilan pemecahan masalah, pengajaran langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pengajaran langsung yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan desain model ADDIE dan diujicobakan pada 31 peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 5 Banjarmasin. Pengumpulan data melalui instrumen validasi perangkat pengajaran langsung, pengamatan keterlaksanaan pengajaran langsung, dan tes pemecahan masalah. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perangkat pengajaran langsung dalam kriteria valid, karena rencana pelaksanaan pelajaran, buku ajar, LKPD, dan tes keterampilan pemecahan masalah dalam kriteria sangat valid, 2) perangkat pengajaran langsung termasuk praktis, karena komponen rencana pelaksanaan pelajaran dapat diimplementasikan dengan sangat baik, dan 3) perangkat pengajaran langsung termasuk efektif, karena nilai n-gain keterampilan pemecahan masalah sebesar 0,82; berarti peningkatannya dalam kriteria tinggi. Diperoleh simpulan bahwa perangkat pengajaran langsung yang dikembangkan termasuk layak untuk melatih keterampilan pemecahan masalah peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Anggun Ulil Izzati, Muhammad Arifuddin, Suyidno, & Misbah. (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 190–199. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/181

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.