PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR DI SMP

Authors

  • Nurul Yulianti Universitas Sriwijaya

Keywords:

Penilaian pengembangan, instrumen penilaian psikomotorik, suhu dan kalor

Abstract

telah berhasil dikembangkan instrumen penilaian psikomotorik yang valid dan praktis pada materi suhu dan kalor di SMP kelas VII. Penilaian psikomotorik merupakan  penilaian yang dilakukan guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian psikomotorik yang valid dan praktis pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model  pengembangan Rowntree. Tahapan dalam pengembangan instrumen penilaian psikomotorik ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket kepraktisan instrumen penilaian psikomotorik. Nilai validasi dari validator sebesar 84,37% dan nilai kepraktisan dari observer sebesar 82,28%.  Berdasarkan perolehan nilai tersebut, instrumen penilaian psikomotorik termasuk ke dalam kategori valid dan praktis

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurul Yulianti, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Fisika

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Yulianti, N. (2024). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR DI SMP. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(2), 152–158. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/158

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.