PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA MENGGUNAKAN SSCS PROBLEM-SOLVING DISERTAI CPS PADA MATERI HUKUM NEWTON

Authors

  • Shofi Hikmatuz Zahroh Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Keywords:

CPS, hukum newton, pemahaman konseptual, sscs propbem solving

Abstract

Pemahaman konseptual merupakan hal dasar dan penting dalam pembelajaran sehingga masih selalu dibahas dalam penelitian hingga saat ini. Namun, penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman konseptual pada materi Hukum Newton tergolong rendah. Untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa, model pembelajaran SSCS problem solving disertai CPS diterapkan dalam penelitian ini. Penelitian embedded experimental design ini dilakukan pada salah satu SMA di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan intrumen tes pemahaman konseptual, pedoman wawancara, dan lembar observasi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konseptual siswa berbeda secara signifikan antara pretest dan posttest meskipun peningkatannya tergolong rendah (N-gain = 0,23). Rendahnya peningkatan tersebut dapat dipengaruhi oleh miskonsepsi yang masih dimiliki dan melekat kuat dalam pemikiran siswa. Selain itu, model pembelajaran tersebut juga memiliki efektivitas yang sedang (effect size = 0,77) terhadap pemahaman konseptual siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Shofi Hikmatuz Zahroh, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Shofi Hikmatuz Zahroh. (2024). PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA MENGGUNAKAN SSCS PROBLEM-SOLVING DISERTAI CPS PADA MATERI HUKUM NEWTON. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 19–33. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/282