PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATHICS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PEMANASAN GLOBAL DI SMA

Authors

  • Qoriatul Furqoniyah Universitas Jember

Keywords:

LKPD, STEM, pemanasan global

Abstract

Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui: (1) validasi LKPD berbasis STEM materi pemanasan global untuk siswa SMA kelas XI, (2) efektifitas LKPD berbasis STEM materi pemanasan global untuk siswa SMA kelas XI, (3) respon siswa terhadap LKPD berbasis STEM materi pemanasan global untuk siswa SMA kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) yang mengacu pada pengembangan Nieveen yang meliputi: (1) preliminary research (studi pendahuluan), (2) prototyping stage (tahap perancangan), dan (3) assesment stage (tahap penilaian). LKPD ini divalidasi oleh 2 validator ahli dan 1 pengguna untuk diketahui kelayakannya berdasarkan aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafisan. Setelah divalidasi dan memenuhi kriteria kelayakan, LKPD akan diuji coba secara terbatas pada 10 siswa. Uji coba luas dilakukan pada 36 siswa dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Hasil pengembangan LKPD berbasis STEM adalah: (1) LKPD berbasis STEM dengan hasil validasi 89%. (2) LKPD berbasis STEM dengan efektifitas tinggi dilihat dari hasil uji n gain sebesar 72%. (3) tanggapan positif dari siswa terhadap penggunaan LKPD berbasis STEM dengan hasil respon siswa sebesar 82%

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Qoriatul Furqoniyah, Universitas Jember

Pendidikan Fisika

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Furqoniyah, Q. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATHICS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PEMANASAN GLOBAL DI SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 76–84. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/263