A LOW-COST DIFFRACTION-BASED LIGHT WAVELENGTH MEASUREMENT FOR CLASSROOM PURPOSES

Authors

  • E C Prima Department of Science Education, Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung 40154, Indonesia
  • A Z Y Muntaz Department of Science Education, Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung 40154, Indonesia
  • F Muslihah Department of Science Education, Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung 40154, Indonesia
  • G S A Muharam Department of Science Education, Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung 40154, Indonesia
  • L A Kurniawan Department of Science Education, Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung 40154, Indonesia
  • M F Ulfi Department of Science Education, Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung 40154, Indonesia
  • W T Saputra Department of Science Education, Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung 40154, Indonesia

Keywords:

Berkas sinar laser, Kisi, Difraksi cahaya, Panjang gelombang, Prinsip Huygen

Abstract

Sebagaimana terdapat dalam kurikulum pendidikan ipa, siswa perlu dilatih untuk mampu menganalisis karakteristik cahaya melalui instrumen optik. Namun demikian, cahaya merupakan sebuah gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang sangat pendek dan tidak mudah untuk diukur menggunakan alat instrumen sederhana seperti jangka sorong. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur panjang gelombang cahaya dengan menganalisis fenomena difraksi gelombang untuk tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu prinsip difraksi Huygen. Parameter independen yang digunakan meliputi tiga laser dan jarak antara laser dengan layar. Parameter dependen yang digunakan yaitu sudut difraksi, panjang gelombang, dan jarak antara 2 kisi difraksi. Kami menggunakan slit difraksi (2,500 dan 7,500 kisi per inci) sebagai variabel kontrol. Tiga berkas sinar laser akan melewati kisi tersebut untuk diamati lebih lanjut dievaluasi untuk mengestimasi panjang gelombang. Sebagai hasilnya, terlihat bahwa laser dengan berbagai panjang gelombang (665.45, 544.35, dan 416.20 nm) telah berhasil terukur dengan persen error 2.32-2.76% dan persen perbedaan 2.29-2.73%. Kami menyimpulkan bahwa eksperimen murah ini dapat diimplementasikan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

E C Prima, A Z Y Muntaz, F Muslihah, G S A Muharam, L A Kurniawan, M F Ulfi, & W T Saputra. (2024). A LOW-COST DIFFRACTION-BASED LIGHT WAVELENGTH MEASUREMENT FOR CLASSROOM PURPOSES. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 52–72. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/261