MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING DIPADU STEM DI SEKOLAH PENGGERAK

Authors

  • Fitriyani Fitriyani Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Suyidno Suyidno Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Sarah Miriam Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

Keywords:

Literasi sains, problem based learning, STEM.

Abstract

Literasi sains termasuk salah satu kompetensi utama di era industri 4.0. Namun, penguasaan literasi sains peserta didik di sekolah adalah masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan modul ajar guru dengan problem-based learning dipadu STEM (STEM-PBL) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada kurikulum prototipe di sekolah penggerak. Penelitian ini adalah bagian dari penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE, yang masih pada tahap analisis, desain, dan develop. Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi modul ajar guru; meliputi RPP, materi ajar, LKPD, dan tes literasi sains. Hasil penelitian diperoleh nilai validitas dan reliabilitas untuk RPP (3,33;0,68), materi ajar (3,28;0,77), LKPD (3,27;0,75) dan tes literasi sains (2,92;0,77); yang memenuhi kriteria valid dan reliabel. Dengan demikian, modul ajar guru dengan STEM-PBL adalah layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada kurikulum prototipe di sekolah penggerak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Fitriyani, F., Suyidno, S., & Miriam, S. (2024). MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING DIPADU STEM DI SEKOLAH PENGGERAK. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(2), 209–225. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/19