PENGEMBANGAN TEKS PERUBAHAN KONSEPTUAL HANDOUT UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI MATERI DINAMIKA SMA/MA

Authors

  • Ricky Azrofi Samara Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya
  • Syuhendri Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Muslim Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya

Keywords:

Teks Perubahan Konseptual, perubahan konsep, Dinamika.

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan Teks Perubahan Konseptual berupa handout untuk pokok bahasan Dinamika yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer berupa self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket. Hasil analisis data pada tahap expert review diperoleh persentase rata-rata validasi ahli sebesar 3,94 (kategori valid), tahap one-to-one evaluation sebesar 84,20% (kategori praktis), dan pada tahap small group evaluation sebesar 77,77% (kategori praktis). Dengan demikian, telah berhasil dikembangkan bahan ajar fisika berupa handout Teks Perubahan Konseptual untuk materi Dinamika yang valid dan praktis. Bahan ajar Teks Perubahan Konseptual ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan remidiasi miskonsepsi materi Dinamika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Ricky Azrofi Samara, Syuhendri, & Muhammad Muslim. (2024). PENGEMBANGAN TEKS PERUBAHAN KONSEPTUAL HANDOUT UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI MATERI DINAMIKA SMA/MA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 55–63. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/159