PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 PALEMBANG

Authors

  • Rotua Ratna Sari Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Group Investigation, Guided Inquiry, Keterampilan Proses Sains.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang melatih keterampilan proses sains pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 8 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian seluruh kelas X SMA Negeri 8 Palembang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi.Teknik analisis data tes menggunakan teknik uji-t dan data observasi menggunakan analisis data statistik deskriptif (rata-rata). Berdasarkan hasil analisis data tes, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 81,30, sedangkan kelas kontrol 76,27. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung> ttabel yakni 3,57 > 1.667. Analisis data observasi diperoleh skor rata-rata keseluruhan keterampilan proses sains siswa sebesar 2,70 dengan kategori tinggi (dalam rentang 1-4). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 8 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rotua Ratna Sari, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Pendidikan Fisika FKIP

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Ratna Sari, R. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 PALEMBANG. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 125–133. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/150

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.