ANALISIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA PRAKTIKUM BESARAN DAN PENGUKURAN KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Authors

  • Sri Agustina Universitas Sriwijaya

Keywords:

Keterampilan Generik Sains, Praktikum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan generik sains siswa pada praktikum besaran dan pengukuran. Penelitian dilaksanakan dengan empat kali pertemuan dengan sampel yaitu siswa kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode yang dipakai adalah analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan non tes berbentuk lembar observasi dan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan melalui lembar observasi dan soal tes dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki keterampilan generik sains pada praktikum besaran dan pengukuran untuk pengamatan langsung 71,75%, kemudian dilanjutkan kesadaran skala besaran sebesar 59,6%, bahasa simbolik 66% dan inferensi logika sebesar 65,3% untuk pemodelan matematik sebesar 65,6%. Secara keseluruhan keterampilan generik sains pengamatan langsung adalah keterampilan generik yang sering muncul dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa untuk tiap komponen keterampilan generik sains, menggunakan alat ukur besaran pada pembelajaran fisika di kelas X IPA 1 kriteria penilaiannya termasuk kategori tinggi terhadap munculnya keterampilan generik sains siswa dalam kelas tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sri Agustina, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Fisika FKIP

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Agustina, S. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA PRAKTIKUM BESARAN DAN PENGUKURAN KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1–7. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/135

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.