PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMP NEGERI 2 PAMONA TIMUR

Authors

  • Sahrul Saehana Universitas Tadulako

Keywords:

Model Discovery Learning, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan kalor di SMP Negeri 2 Pamona Timur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “Equivalen Pretest- Postest Grup Design”. Sampel dipilih menggunakan teknik purpose sampling. Kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan berupa tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes akhir adalah 8,54 dengan standar devisiasi 2,69. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor 5,33 dengan standar devisiasi 2,57. Hasil pengujian hipotesis diperolehniai = 4,22 dan = 2,02. Ini berarti bahwa nilai berada diluar daerah penerimaan .Hasil ini memberi peluang untuk menyatakan terdapat perbedaan hasi; belajar fisika antara kelas control dan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan kalor di SMP Negeri 2 Pamona Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Saehana, S. (2024). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMP NEGERI 2 PAMONA TIMUR. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 119–126. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/128