ANALISIS KUALITATIF GAYA BERPIKIR SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA MATERI GERAK PARABOLA

Authors

  • Diyan Patimah STKIP Surya

Keywords:

Profil Siswa, Gaya Berpikir, Pemecahan Masalah Fisika

Abstract

Penelitian ini untuk mengidentifikasi gaya berfikir siswa SMA dalam memecahkan masalah fisika. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu SMA di kota Tangerang dan objek penelitian adalah gaya berpikir siswa. Pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Instrumen bantuan yang digunakan pada penelitian ini adalah angket (gaya berpikir), soal tes, dan pedoman wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) pemikir sekuensial konkret (SK) dalam memecahkan masalah fisika menuliskan langkah penyelesaian secara lengkap, terurutdan bertahap, menuliskan informasi diketahui dan ditanya, menggambarkan posisi objek dan tidak mengecek ulang jawaban; (2) pemikir sekuensial abstrak (SA) dalam memecahkan masalah fisika menuliskan langkah penyelesaian secara terurut, menuliskan informasi yang diketahui saja, tidak menggambarkan posisi objek, dan tidak mengecek ulang jawaban; (3)pemikir acak konkret (AK) dalam memecahkan masalah fisika menuliskan langkah penyelesaian secara terurut dan tidak lengkap, tidak menuliskan informasi yang diketahui dan ditanya, menggambarkan posisi objek, dan mengecek ulang dengan cara yng sama; (4) pemikiracak abstrak (AA) dalam memecahkan masalah fisika, menuliskah langkah penyelesaian secara tidak terurut, menuliskan apa yang diketahui saja, tidak menggambarkan posisi objek, menuliskan jawaban tidak berurutan, dan mengecek ulang dengan cara yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Patimah, D. (2024). ANALISIS KUALITATIF GAYA BERPIKIR SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA MATERI GERAK PARABOLA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 106–118. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/125

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.