PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER POSITIF SISWA SD

Authors

  • M. Nur Mannan Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Keywords:

perangkat pembelajaran; kearifan lokal karakter

Abstract

Perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal merupakan salah satu inovasi dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Dengan berbagai macam budaya yang ada di Indonesia, sangatlah mendukung untuk dikembangkan suatu perangkat yang terintegrasi dengan kearifan lokal daerah setempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal yang dapat mengembangkan karakter positif siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini memodifikasi dari model 4-D Thiagarajan dan Semmel dengan non tahap penyebaran. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu studi pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Perangkat pembelajaran diuji kelayakan oleh ahli. Data karakter siswa diperoleh dari observasi pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian ini didapatkan satu set perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal yang telah diuji kelayakannya. Pengintegrasian pendidikan karakter dalam perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal juga dapat dikembangkan untuk semua karakter. Hasil analisis uji gain didapatkan peningkatan karakter siswa sebesar 33 % dari total indikator yang dikembangkan atau berada pada kriteria sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Mannan, M. N. (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER POSITIF SISWA SD. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 141–146. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/74

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 

You may also start an advanced similarity search for this article.