PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERPRAKTIKUM MENGGUNAKAN MEDIA TRACKER BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK

Authors

  • Ayu Nurjanah Universitas Lampung

Keywords:

Pembelajaran daring, aplikasi tracker, tumbukan, inkuiri terbimbing, kemampuan interpretasi grafik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring berpraktikum menggunakan media analisis tracker terhadap kemampuan interpretasi grafik. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Tanjung Bintang. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group PretestPosttest Design. Pembelajaran daring dilakukan dengan melakukan kegiatan praktikum tumbukan lenting sebagian berbasis inkuiri terbimbing. Data hasil percobaan diolah menggunakan media analisis tracker. Data kemampuan interpretasi grafik peserta didik diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Teknik analisis menggunakan Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil bahwa pembelajaran daring berpraktikum dengan menggunakan media analisis tracker dapat meningkatkan kemampuan interpretasi grafik dengan baik dengan nilai signifikansi sebesar 0,00. Hasil analisis skor rata-rata kemempuan interpretasi grafik mengalami kenaikan dengan perolehan N-gain 0,39 terkategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ayu Nurjanah, Universitas Lampung

Program Studi Pendidikan Fisika FKIP

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Nurjanah, A. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERPRAKTIKUM MENGGUNAKAN MEDIA TRACKER BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(2), 198–207. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/284