TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA SMA MENGGUNAKAN METODE INVESTIGATIVE SCIENCE LEARNING ENVIRONMENT (ISLE)
DOI:
https://doi.org/10.36706/jipf.v11i1.281Keywords:
pemahaman konsep, investigative science learning environment (ISLE)Abstract
Dalam pembelajaran fisika, siswa diharapkan mampu untuk memahami konsep. Pemahaman konsep fisika akan meningkat dengan adanya metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika pada siswa SMA menggunakan metode Investigative Science Learning Environment (ISLE). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPA yang terdiri dari lima kelas yaitu XII IPA 1, 2, 3,4 dan 5. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA 2 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji n-gain untuk mengukur peningkatan hasil belajar kognitif antara sebelum (pretest) dan sesudah (postest) pembelajaran dan uji kategori Tingkat pemahaman konsep. Selanjutnya hasil analisis data diperoleh N-Gain sebesar 0,72. Sesuai dengan kaidah keputusan dibuat berdasarkan pada ketentuan pengujian n-gain, yaitu gain ≥ 0,7 (0,72 ≥ 0,7) dengan kategori tinggi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Peningkatan hasil belajar siswa meningkat yaitu berada dalam kategori tinggi; 2) Tingkat pemahaman konsep fisika siswa kelas XII IPA 2 terhadap semua indikator dikategorikan baik dengan persentase jawaban tertinggi berada pada Menjawab Secara Utuh (MSU)