ANALISIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN BLENDED PROBLEM BASED LEARNING (B-PBL)

Authors

  • Ernita Susanti Jurusan Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Siliwangi
  • Yanti Sofi Makiyah Jurusan Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Siliwangi

Keywords:

Blended Problem Based Learning, Keterampilan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Pemecahan Masalah (KPM) mahasiswa pendidikan fisika pada pembelajaran Blended Problem Based Learning (B-PBL) dan mengetahui pengaruh model B-PBL terhadap KPM mahasiswa pendidikan fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah mekanika tahun akademik 2022/2023 dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes KPM dalam bentuk uraian dengan jumlah 5 soal uraian yang meliputi 4 indikator keterampilan pemecahan masalah dengan materi kinematika, dinamika dan gerak harmonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan KPM berdasarkan N-Gain dan B-PBL sangat efektif dalam meningkatkan KPM berdasarkan hasil perhitungan effect size. Hasil uji hipotesis juga menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara KPM yang menerapkan model B-PBL dengan KPM yang menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran B-PBL berpengaruh signifikan terhadap KPM mahasiswa pendidikan fisika dengan rata-rata setiap indikator KPM berada pada kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Ernita Susanti, & Yanti Sofi Makiyah. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN BLENDED PROBLEM BASED LEARNING (B-PBL). Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 34–43. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/245