EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA II MAN I PALEMBANG

Authors

  • Misnoraliawati Madrasah Aliyah Negeri I Palembang

Keywords:

tutor sebaya, siswa, hasil belajar, fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas Penggunaan Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Fisika. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri I Palembang. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 25 Oktober 2016 sampai 6 Desember 2016. Obyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN I Palembang berjumlah 33 orang terdiri 13 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, diskusi. Analisis data dengan cara diskriptif kualitatif, dengan menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil analisis diketahui sebagian besar siswa dalam kegiatan pembelajaran pokok bahasan Elastisitas pada siklus satu, minat belajar, perhatian pelajaran, dan partisipasi masih relatif rendah. Pada kegiatan pembelajaran pokok bahasan Usaha dan Energi pada siklus dua, minat belajar, perhatian, partisipasi mengalami peningkatan secara signifikan. Hasil analisis dari siklus 1, siswa yang mencapai lebih dari ketuntasan minimum (≥ 60) sebanyak 10 orang atau mencapai 30% sedangkan 23 orang atau 70% tidak mencapai ketuntasan minimum. Hasil siklus ke 2, siswa yang mencapai lebih dari ketuntasan minimum (≥ 60) sebanyak 25 orang atau mencapai 76% sedang yang tidak mencapai ketuntasan minimum sebanyak 8 orang atau 24%. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Misnoraliawati. (2024). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA II MAN I PALEMBANG. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 32–43. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/206