PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN STRATEGI HACL-GROUP TERHADAP PENALARAN ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA

Authors

  • Niendhita Dwi Nurmalasari Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Saeful Karim Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Ika Mustika Sari 1Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Keywords:

Keterampilan penalaran ilmiah, pemahaman konsep, Learning Cycle 7E, Heterogeneous Ability-Cooperative Learning.

Abstract

Keterampilan penalaran ilmiah merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang diharapkan dapat dikembangkan dalam pembelajaran yang digunakan sebagai upaya dalam fisika untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep serta menjelaskan fenomena yang terjadi di alam. Namun, berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan penalaran ilmiah belum secara optimal dilatihkan dalam pembelajaran untuk mendukung pemahaman konsep. Salah satu cara untuk melatihkan keterampilan penalaran ilmiah adalah dengan menggunakan Model Learning Cycle 7E dengan pengelompokkan HACL. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Model Learning Cycle 7E dengan HACL Group terhadap Penalaran Ilmiah dan Pemahaman Konsep Siswa siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental design dengan Randomized Control Group Pretest-Posttest. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 61 siswa kelas X IPA SMA di Kota Cimahi. Dalam penelitian ini digunakan dua kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen terdiri dari 16 butir soal pilihan ganda untuk mengukur 15 aspek keterampilan penalaran ilmiah dan 19 butir soal pilihan ganda untuk mengukur 7 indikator pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan penalaran ilmiah dan pemahaman konsep pada kelas yang dikelompokkan secara HACL lebih tinggi dibandingkan kelas yang dikelompokkan secara FCL. Secara keseluruhan siswa kelas eksperimen memberikan sikap yang cukup baik terhadap pembelajaran Fisika dengan model Model Learning Cycle 7E dengan pengelompokkan HACL.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Niendhita Dwi Nurmalasari, Saeful Karim, & Ika Mustika Sari. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN STRATEGI HACL-GROUP TERHADAP PENALARAN ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 140–149. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/194