PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU MATERI LISTRIK DINAMIS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR UNTUK SMP KELAS IX

Authors

  • Sri Wulandari Universitas Sriwijaya

Keywords:

Developing Research, Integrated Science Modul, Science Skill Process, Electricity Circuit

Abstract

Telah berhasil dikembangkan modul IPA terpadu materi listrik dinamis berbasis keterampilan proses sains dasar dan diujicobakan pada peserta didik SMP Negeri 1 Inderalaya Utara. Pada Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul IPA terpadu yang valid dan praktis. Pengembangan dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan produk oleh Rowntree dan metode evaluasi formatif Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Kevalidan modul ini dinilai oleh dua ahli yaitu materi dan ahli media. Dari hasil expert review diperoleh persentase rata-rata hasil penilaian dari ketiga ahli sebesar 82% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan modul ini dilihat dari skor rata-rata angket pada tahap one-to-one evaluation dan small group evaluation. Dari tahap one-to-one evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 92,22% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil small group evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 89,00% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian,berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa modul pembelajaran IPA terpadu yang dikembangkan sudah tergolong sangat valid dan sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Wulandari, S. (2024). PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU MATERI LISTRIK DINAMIS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR UNTUK SMP KELAS IX. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 190–197. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/171