PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERIELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS XI IPA 8 SMAN 1 PALEMBANG

Authors

  • Andri yanto Universitas Sriwijaya

Keywords:

Aktivitas positif, aktivitas negatif, Pembelajaran Berbasis Masalah.

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas telah berhasil di kelas XI 8 SMA Negeri 1 Palembang dengan tujuan untu meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke, dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Masalah penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Siklus I membahas materi elastisitas bahan, siklus II membahas hukum Hooke. Tehnik pengumpulan data tehnik nontes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Ativitas yang diobservasi adalah aktivitas positif dan aktivitas negatif siswa. Tehnik analisa menggunakan persentase dan kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas positif 46,5 % pada siklus I menjadi 69,5 % pada siklus II. Aktivitas negatif menurun dari 28% pada siklus I menjadi16,5% pada siklus II. Dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis maslah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI 8 SMAN 1 Palembang

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Andri yanto, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Fisika FKIP

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

yanto, A. (2024). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERIELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS XI IPA 8 SMAN 1 PALEMBANG. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 148–153. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/168