PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI LISTRIK DINAMIS BERBASIS WEB YANG BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF

Authors

  • Siti Zuraidah Azzahro Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

bahan ajar berbasis web, listrik dinamis, keterampilan berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang pengembangan bahan ajar berbasis web pada materi listrik dinamis yang berorientasi keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar web SMP berorientasi keterampilan berpikir kreatif yang teruji kelayakannya serta dapat membantu guru dan peserta didik dalam mempelajari materi listrik dinamis. Metode yang digunakan peneliti dalah metode Research and Development (R&D) model 4-D yang direduksi menjadi 3-D (Define, Design dan Develop). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian bahan ajar dalam memfasilitasi keterampilan berpikir kreatif, kelayakan konten, kelayakan desain visual dan kelayakan navigasi menu. Instrumen digunakan pada tahap validasi di uji ahli dan uji coba pengguna. Uji ahli dilakukan oleh 3 orang dosen fisika.Uji pengguna dilakukan oleh 3 orang guru mata pelajaran fisika dan 30 orang peserta didik kelasIX SMP. Hasil validasi secara keseluruhan menunjukan bahwa bahan ajar layak digunakan ditinjau dari memfasilitasi keterampilan berpikir kreatif, kelayakan konten, kelayakan desain visual dan kelayakan navigasi menu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Azzahro, S. Z. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI LISTRIK DINAMIS BERBASIS WEB YANG BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 182–189. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/118