ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN ANALISIS RASCH MODEL

Authors

  • Ahmad Bakharzi Hakam Universitas Lambung Mangkurat
  • Alfianoor Alfianoor Universitas Lambung Mangkurat
  • Hidayatullah Hidayatullah Universitas Lambung Mangkurat
  • Nur Muhammad Akbar Hamidi Universitas Lambung Mangkurat
  • Saiyidah Mahtari Universitas Lambung Mangkurat
  • Mustika Wati Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Model Rasch, DIF

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket serta menganalisis bias item (DIF) yang menunjukkan pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar dengan menggunakan analisis Rasch Model pada siswa kelas IPA di salah satu MAN di kota Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah analisis Rasch Model dengan mengolah data instrumen angket pada aplikasi Ministep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui instrumen berupa angket lingkungan belajar dan angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa angket yang telah diberikan memiliki beberapa item pertanyaan yang misfit atau tidak valid. Reliabilitas kedua kuesioner tersebut berada pada kategori tinggi. Analisis Model Rach yang digunakan mampu menentukan item-item yang bias (DIF) antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa kualitas lingkungan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dilihat dari seberapa aktif siswa bertanya selama pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Hakam, A. B., Alfianoor, A., Hidayatullah, H., Hamidi, N. M. A., Mahtari, S., & Wati, M. (2024). ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN ANALISIS RASCH MODEL. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(2), 129–137. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/3