PENGEMBANGAN APLIKASI ETNOFISIKA BERBASIS ANDROID PADA PERMAINAN TRADISIONAL GASING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA

Authors

  • Aziza Greyta Gifani Universitas Indraprasta PGRI
  • Wiwin Novianti Universitas Indraprasta PGRI
  • Luthfiyah Nabila Universitas Indraprasta PGRI
  • Yoga Budi Bhakti Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

Teknologi, Etnofisika, Media Pembelajaran

Abstract

Seiring arus globalisasi, teknologi berkembang pesat dan jaringan internet mudah diakses di seluruh dunia membuat masyarakat terfokus pada dunia luar yang dilihat melalui internet. Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini dapat membuat masyarakat Indonesia melupakan budayanya sendiri. Etnofisika merupakan keterkaitan konsep fisika yang ada dalam budaya. Pada permainan tradisional gasing terdapat konsep fisika yang dapat dipelajari. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan teknologi yang dapat membantu mengenalkan budaya Indonesia dan menjadi media pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, efektivitas, dan pengaruh aplikasi etnofisika berbasis android pada permainan tradisional gasing terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Uji validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi pendidikan. Berdasarkan pengumpulan data validasi yang telah dilakukan oleh validator diperoleh persentase rata-rata sebesar 83,8% valid dan telah diuji oleh Siswa-siswi Kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dalam angket respon siswa yang kami berikan mendapatkan hasil persentase sebesar 87% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Aziza Greyta Gifani, Wiwin Novianti, Luthfiyah Nabila, & Yoga Budi Bhakti. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI ETNOFISIKA BERBASIS ANDROID PADA PERMAINAN TRADISIONAL GASING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 74–83. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/250