PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Authors

  • Listianingsih Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta
  • Riki Perdana Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Teori Kinetik Gas, Inquiry Learning, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran fisika materi teori kinetik gas model inquiry learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan jenis pengembangan 4-D terdiri dari tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap desseminate. Instrumen yang digunakan dalam tahap develop berupa instrumen angket kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, LKPD, dan instrumen tes. Hasil pengisian angket tersebut dianalisis menggunakan skala Likert lalu dikategorikan dalam rentang skor kumulatif kelayakan produk. Hasil penelitian yang diperoleh melalui uji kelayakan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran RPP diperoleh persentase rata-rata 92% dengan kategori sangat layak, perangkat LKPD diperoleh persentase rata-rata 90% dengan kategori sangat layak, dan perangkat instrumen tes diperoleh persentase 95% dengan kategori sangat layak. Kesimpulan, perangkat pembelajaran fisika model inquiry learning sangat layak digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran dengan penyajian yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi teori kinetik gas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Listianingsih, & Riki Perdana. (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 88–101. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/236