PENGEMBANGAN HANDOUT DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR BERBASIS KONTEKSTUAL KELAS XI IPA SMA

Authors

  • Hesti Apriani Universitas Sriwijaya

Keywords:

dinamika rotasi, kesetimbangan benda tegar, kontekstual, pengembangan handout

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan handout dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar yang valid dan praktis. Pengembangan handout menggunakan model pengembangan Rowntree. Model pengembangan Rowntree terdiri dari tiga tahap,
yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif Tessmer, yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation,small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan data walkthough dan data angket. Dari hasil expert review diperoleh persentase rata-rata hasil penilaian dari para ahli sebesar 3,88 (kategori valid). Pada tahap one-to-one evaluation didapatkan hasil tanggapan siswa terhadap penggunaan handout ini sebesar 87,8% (kategori sangat praktis). Dari kedua tahap ini handout direvisi menjadi prototipe 2 dan di uji coba kembali. Pada uji coba small group evaluation, hasil rata-rata tanggapan siswa terhadap nggunaan handout ini88,31 % (kategori sangat praktis). Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah tergolong valid dan sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hesti Apriani, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Fisika

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Apriani, H. (2024). PENGEMBANGAN HANDOUT DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR BERBASIS KONTEKSTUAL KELAS XI IPA SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 33–38. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/106